<body>

Uji Kompetensi Guru (UKG) 2012

     Untuk teman-teman guru yang bersertifikasi, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah UKG. Betul... UKG adalah kepanjangan dari Uji Kompetensi Guru (UKG). Sekali lagi, guru-guru yang bersertifikasi diuji dalam bentuk tes online untuk dinilai kemampuan kepribadian, pedagogik dan profesionalismenya sebagai seorang guru yang profesional.
     Bayangan saya, (baca: karena hanya sebatas tebakan) UKG singkatnya adalah:
  1. Ada 20 orang guru atau lebih (baca: tergantung berapa jumlah guru yang mendapatkan sertifikasi di sekolah itu) berbondong-bondong menuju sekolah yang ditunjuk sebagai tempat penyelenggara UKG (dikenal dengan TUK : Tempat Ujian Kompetensi). 
  2. Harus sesuai dengan jadwal misal untuk Gelombang II (10.30 - 13.00 WIB).
  3. Memasuki ruangan tes, berarti ke-20 orang tersebut masuk ke Lab Komputer pada sekolah penyelenggara dan mendapati 1 komputer untuk 1 guru.
  4. Diawali dengan simulasi yang dipandu oleh teknisi dalam pengisian data peserta ujian dan keterangan lainnya.
  5. Pukul 11.00 WIB, para peserta baru diperkenankan mengerjakan soal sampai pukul 13.00 WIB.
  6. Soal berbentuk Pilihan Ganda sebanyak 70 butir dan mirip mengerjakan game kuis Who Wants To Be Millionare yang kerap kita mainkan untuk putra-putri kita dalam belajar.
  7. Link resmi terkait UKG 2012 silakan kunjungi UKG - Uji Kompetensi Guru.
     Demikian gambaran singkat tes UKG yang kerap membuat dag dig dug para guru bersertifikasi karena mungkin karena usia, kurang bisa memainkan komputer ataupun kekawatiran akan tingkat kesulitan soal yang rumit sehingga mendapatkan skor kurang bagus di akhir ujian. Hemmm.... mengkhawatirkan juga ya? :)
Klik gambar untuk memperbesar. 
      Di akhir tulisan saya kali ini saya akan mencoba mengupload beberapa file terkait UKG, baik pengumuman sampai kisi-kisi soal bahkan contoh soalnya. Semoga bermanfaat!
Special to Mr. Noviar Djamil, silahkan klik download untuk file yang anda butuhkan!

Label: , , , , , ,

<< Sebelumnya
Selanjutnya >>